Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL ENJOYABLE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR`AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL WATHAN PASAR KEMBANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

MEGAWATI (2013) PENERAPAN MODEL ENJOYABLE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR`AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL WATHAN PASAR KEMBANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013728PAI.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek penelitian ini adalah guru yang menerapkan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir, yakni yang berjumlah 1 orang. Sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Karena populasinya sedikit maka penulis tidak menggunakan sample. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan tekhnik obsevasi dan wawancara, setelah data terkumpul diolah secara deskriptif kulitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil analisa data, maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir tergolong “Kurang Efektif”. Kenyataan ini sesuai dengan hasil observasi dan wawancara yang telah dilaksanakan dengan hasil :53.12% Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Diantaranya adalah kurangnya pengalaman sebagai pengajar, waktu dan tempat, faktor motivasi, sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:51
Last Modified: 07 Sep 2016 09:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5615

Actions (login required)

View Item View Item