Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI JURNALISTIK DATA MEDIA SOSIAL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PENERAPAN JURNALISME DATA DI INSTAGRAM @INFOSUMBAR)

Siti Nurlaila Lubis, Siti (2021) IMPLEMENTASI JURNALISTIK DATA MEDIA SOSIAL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PENERAPAN JURNALISME DATA DI INSTAGRAM @INFOSUMBAR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya akun media sosial dengan platform instagram @Infosumbar yang merupakan suatu akun lokal yang berasal dari Ibukota Provinsi Sumatera Barat yaitu Padang. Media sosial ini memiliki produk atau konten yang terkait dengan data, yaitu infografis, microblog, dan infosumbarpedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi jurnalistik data dalam proses pengumpulan/penyeleksian, pengolahan dan pemuatan konten di media sosial instagram @infosumbar. Teori yang digunakan adalah new media, di mana melihat perkembangan media lewat internet yang terfokus kepada media sosial dan juga mengaitkannya dengan proses produksi tahap jurnalisme data menurut Seth C Lewis. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah dua pekerja media Infosumbar yang berkompeten dalam mengurusi konten di media sosialnya dan satu orang pengikut instagram @Infosumbar sebagai pembanding. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan terdapat lima tahap penerapan jurnalisme data diinstagram @Infosumbardiantaranya proses pengumpulan data, proses penyeleksian/ pengelompokkan data, proses analisis data, proses visualisasi data, dan proses penyampaian/pemuatan data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Jurnalisme data, Media Sosial, Instagram, New Media
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 29 Nov 2021 06:29
Last Modified: 29 Nov 2021 06:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56091

Actions (login required)

View Item View Item