Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS VA SD NEGERI 005 KOTABARU KECEMATAN KERITANG

REZA YULANDA PUTRI, - (2021) PENERAPAN METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS VA SD NEGERI 005 KOTABARU KECEMATAN KERITANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI REZA YULANDA PUTRI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reza Yulanda Putri, (2021) :Penerapan metode Show and tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Tematik Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas VA SD Negeri 005 Kotabaru Kecamatan Keritang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan berbicara peserta didik melalui penerapan metode show and tell di kelas VA SD Negeri 005 Kotabaru Kecamatan Keritang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik, hal ini terliat dari beberapa hal diantaranya adalah peserta didik terliat kaku saat diminta berbicara didepan kelas, berbicara dengan tidak santai dan terbata-bata, lebih banyak menundukkan kepala pada saat berbicara yang mengakibatkan pembicara menjadi tidak jelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 005 Kotabaru Kecamatan Keritang. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran show and tell dan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adala observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptis kuanlitatif. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata keterampilan berbicara peserta didik pada pembelajaran tematik sebelum tindakan hanya mencapai 58,75 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan keterampilan berbicara pada siklus I, meningkat menjadi 69,37 dengan kategori cukup dan pada siklus II keterampilan berbicara peserta didik kembali meningkat menjadi 86,25 dengan kategori baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran tematik dikelas VA Sekola Dasar Negeri 005 Kotabaru Kecamatan Keritang. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Show and Tell, dan Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:14
Last Modified: 24 Nov 2021 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56060

Actions (login required)

View Item View Item