Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TATA RUANG KELAS TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI WILAYAH KABUPATEN KAMPAR

NURUL HAFIFAH YENRIADI, - (2021) PENGARUH TATA RUANG KELAS TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI WILAYAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya konsentrasi bagi siswa ketika pembelajaran kimia dan relevansinya dengan tata ruang kelas dalam meningkatkan konsentrasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tata ruang kelas terhadap konsentrasi belajar kimia siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di wilayah Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan di lima Sekolah Menengah Atas Negeri di wilayah Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel pada penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kampar, siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kampar Timur, siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Siak Hulu, siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Tambang, dan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tapung yang dipilih berdasarkan terknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tata ruang kelas, angket konsentrasi belajar kimia, wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Kampar memperoleh hasil nilai signifikansi (2-sided) = 0,009, SMA Negeri 1 Kampar Timur, SMA Negeri 2 Siak Hulu, SMA Negeri 2 Tambang, dan SMA Negeri 5 Tapung, yang mana semua hasilnya < 0,05 (Chi-Square Test), yang berarti H o ditolak dan H diterima. Artinya terdapat pengaruh tata ruang kelas terhadap konsentrasi belajar kimia siswa di beberapa Sekolah Menengah Atas Negeri di wilayah Kabupaten Kampar, dengan penilaian yang tinggi pada setiap indikator dan SMA Negeri 2 Siak Hulu ditemukan memiliki penilaian terbaik dalam tata ruang yang berhubungan dengan konsentrasi belajar kimia. Diperlukan penelitian lebih lanjut terkait faktor lain yang mempengaruhi konsentrasi belajar selain tata ruang. a Kata Kunci: Tata Ruang Kelas, Konsentrasi Belajar, Pembelajaran Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Nov 2021 07:44
Last Modified: 22 Nov 2021 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56017

Actions (login required)

View Item View Item