Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fishbowl Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN 02 Gunuang Malintang.

Zaharatul Hasnah, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fishbowl Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN 02 Gunuang Malintang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zaharatul Hasnah, (2021) : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fishbowl Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat pada Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN 02 Gunuang Malintang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema indahnya kebersamaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe fishbowl di kelas IV SDN 02 Gunuang Malintang. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 19 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe fishbowl dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe fishbowl dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat pada siswa hanya mencapai 40,48% atau berada pada kategori kurang baik. Kemudian dilakukan dilakukan tindakan siklus 1, kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat 51,47% atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada silkus II, kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan menjadi 76,73% atau berada pada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe fishbowl dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat pada tema indahnya kebersamaan kelas IV SDN 02 Gunuang Malintang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fishbowl, Kemampuan Mengemukakan Pendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:49
Last Modified: 10 Nov 2021 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55893

Actions (login required)

View Item View Item