Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kedisiplinan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 147 Pekanbaru.

Sri Wahyuna, - (2021) Pengaruh Kedisiplinan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 147 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Wahyuna, (2021): Pengaruh Kedisiplinan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 147 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan Sekolah terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 147 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 147 Pekanbaru. Dengan populasi sebanyak 105 orang. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas IV yaitu IVA, IVB dan IVC dan sampel sebanyak 27 orang.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik propersional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.Variabel penelitian ini meliputi kedisisplinan siswa sebagai variabel independen dan hasil belajar siswa sebagai variabel dependen. Instrumen yang digunakan adalah dengan angket tertutup dari masing-masing variabel dengan skala linkert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah normalitas dan linieritas, uji kolerasi product momen. Berdasarkan hasil analisi data diperoleh rata-rata kedisiplinan siswa 72,704 dan rata-rata hasil belajar siswa 83,815. Hasil analisis korelasi antara kedisipilinan dan hasil belajar siswa diperoleh nilai korelasi 0,419. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan rtabel= 0,381 dengan α = 0,05 maka terdapat korelasi dengan arah yang positif. Dengan menggunakan koefisisien determinasi maka diperoleh KD = 2,38% Ini menunjukan bahwa 2,38% kedisipilan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sedangkan 82,45% dipengaruhi oleh faktor lain. Hipotesis yang diajukan menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa. Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif antara kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci :Kedisiplinan, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:00
Last Modified: 10 Nov 2021 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55891

Actions (login required)

View Item View Item