MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH NABI MELALUI METODE SINERGETIC TEACHING DI KELAS V SEKOLAH DASAR 016 MUHAMMADIYAH KARIMUN KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU

ABDUL SALAM, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH NABI MELALUI METODE SINERGETIC TEACHING DI KELAS V SEKOLAH DASAR 016 MUHAMMADIYAH KARIMUN KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013591PAI.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran dengan materi sejarah Nabi di Sekolah Dasar 016 Muhammadiyah Karimun sebagai respon kurangnya hasil belajar siswa dalam materi pelajaran sejarah Nabi. Keadaan tersebut akan menimbulkan kurangnya penguasaan siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dimana pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran yang utama di setiap tingkat sekolah dasar. Di sisi lain guru belum terbiasa menggunakan berbagai macam metode pembelajaran, dimana pada perkembangan kemajuan saat ini guru dituntut agar biasa menggunakan berbagai macam metode pembelajaran sesuai dengan materi pelajaran yang dikembangkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uraian permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran sejarah Nabi dan guru mampu berperan sebagai inovator pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDS 016 Muhammadiyah Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau dengan 3 siklus. Pada siklus pertama siswa belum memperoleh nilai yang baik, hanya memperoleh nilai rata-rata 63,96/siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan, yakni 70.Di sisi lain guru sebagai kolaborator dan fasilitator juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran melalui metode Sinergetik Teaching. Pada siklus kedua pembelajaran mengalami peningkatan, siswa sudah mulai terbiasa dengan belajar terpisah, ini ditandai dengan hasil tes dengan nilai rata-rata 79,46. Begitu juga guru sudah mulai terbiasa menyampaikan materi dengan metode Sinergetik Teaching, setelah diadakan diskusi dengan observes boleh dikatakan semua aspek dalam RPP terlaksana dengan baik. Pada siklus ketiga pembelajaran mengalami peningkatan, ini ditandai dengan hasil tes siswa meningkat menjadi 83,65/siswa. Ini terjadi karena pembelajaran pada siklus ketiga sudah kembali seperti apa yang diharapkan. Dari hal pelaksanaan PTK, siklus pertam, kedua, dan ketiga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Sinergetic Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sejarah Nabi. Begitu juga guru dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas menjadi terbiasa dengan menggunakan metode yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:50
Last Modified: 07 Sep 2016 09:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5589

Actions (login required)

View Item View Item