Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerarapan Model Pembeajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar.

M.Viony Fikri, - (2021) Penerarapan Model Pembeajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M.Viony Fikri, (2021): Penerarapan Model Pembeajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, diantaranya siswa kurang mampu menyelesaikan permasalahan dengan cepat dan hanya sebagian siswa yang mampu membuat pertanyaan dan jawabannya berpariasi, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Script dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes , dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa hanya mencapai 61,0% atau masih tergolong kurang baik. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat menjadi 81,2% atau tergolong baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90,5% atau tergolong sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema lingkungan sahabat kita, khususnya pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Script, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Nov 2021 01:27
Last Modified: 05 Nov 2021 01:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55789

Actions (login required)

View Item View Item