Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru

Zakiyah Nur Nisa, - (2021) Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zakiyah Nur Nisa, (2021): Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan metode buzz group untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa. Objek penelitian ini adalah metode buzz group dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa metode buzz group dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 48 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi 62 atau tergolong dalam kategori kurang. Kemuadia pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 82,5 atau tergolong dalam kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode buzz group dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbru. Kata Kunci: Metode Buzz Group, Kemampuan Mengemukakan Pendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:51
Last Modified: 03 Nov 2021 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55763

Actions (login required)

View Item View Item