Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Tema Panas dan Perpindahannya Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi.

Lice Agusnenti, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Tema Panas dan Perpindahannya Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lice Agusnenti, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Tema Panas dan Perpindahannya Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman peserta didik diantaranya peserta didik masih belum dapat menjelaskan kembali, menguraikan dengan kalimat sendiri, merangkum, memberi contoh dan menyimpulkan materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pendidik dan 22 orang peserta didik. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes pemahaman peserta didik sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 57,07% dengan ketegori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 60,80% dengan kategori cukup tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi 87,62% dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperaif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada tema Panas dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Kampung Baru Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Kata Kunci :Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Pemahaman Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:13
Last Modified: 02 Nov 2021 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55750

Actions (login required)

View Item View Item