Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANYA MUATAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 006 SUNGAI BULUH KECAMATAN SINGINGI HILIR

RUTAMI ARIFIYANI, - (2021) PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANYA MUATAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 006 SUNGAI BULUH KECAMATAN SINGINGI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RUTAMI ARIFIYANI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rutami Arifiyani, (2021) : Penerapan Metode Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Panas dan Perpindahanya Muatan IPA di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan penngkatan kmampuan kerjasama siswa melalui metode pembelajaran Course Review Horay di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh. penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama siswa. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa. peneltian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemmpuan kerjasama siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanaan tindakan sampai pelaksanaan siklus II. berdasarkan teknik analisi data menunjukan bahwa metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 42,7% dengan rentang 41-60% dengan kategori kurang. setelah dilakukan tindakan kelas siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 69,3% dengan rentang diantara 70-89% kategori baik. sedngkan pada siklus II terjadi peniingkatan menjadi 88% dengan rentang 81-100% kategori baik. dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerpan metode pembelajaran Course Review Horay mampu meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada tema panas dan perpindahanya muatan IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 sungai buluh kecamatan singingi hilir. Kata Kunci : Penerapan, Metode Course Review Horay, Kemampuan Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:52
Last Modified: 21 Oct 2021 04:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55611

Actions (login required)

View Item View Item