KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENERAPKAN TEORI BELAJAR STIMULUS RESPON DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

LIZERMI, (2013) KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENERAPKAN TEORI BELAJAR STIMULUS RESPON DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013512PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SkripsiiniberjudulKemampuan Guru Pendidikan Agama Islam MenerapkanTeoriBelajar Stimulus ResponDalam Proses BelajarMengajar Di SekolahMenegahPertamaMuhammadiyah 1 Pekanbaru. Masalahpokok yang dikajiadalahBagaimanaKemampuan Guru Pendidikan Agama Islam MenerapkanTeoriBelajar Stimulus Respon Di SekolahMenengahPertamaMuhammadiyah 1 Pekanbaru.Masalahinimunculkarenadalamteoribelajardiperlukanadanyakemampua n guru menstimulussiswa, agar siswamemberikanrespon yang positifterhadapapa yang disampaikanoleh guru, denganadanya stimulus responakanmelahirkanaktivitasbelajarmengajar yang aktifdanefektif. Dari pengamatanterhadapaktivitasbelajarPendidikan Agama Islam di SekolahMenengahPertamaMuhammadiyah 1 terlihatsiswamemberikanrespon yang positif.Kenyataantersebutmemunculkanpertanyaanapakahresponpositifsiswaadahu bungannyadengankemampuan guru menerapkanteoribelajar stimulus respon ? Untukmenjawabpertanyaan di atasdilakukanpenelitiandenganmenjadikan guru Pendidikan Agama Islam dansiswakelas IX sebagaiobjek, denganteknikpengumpulan data berupaobservasi, angketdandokumentasi. Dari penelitian yang telahdilakukandiperolehkesimpulanbahwadarihasilobservasitentangKemampuan Guru MenerapkanTeoriBelajar Stimulus Respon, diperolehangka 66%.Kemampuan guru tersebutterkategorikanbaik,.Adapunpersepsisiswatentangpenggunaanteoribelajar stimulus responoleh guru beradapadaangka 85,17%, persepsisiswa yang sangatpositiftersebutmemunculkanrespon yang sangatpositif pula darisiswayaitusebesar 91,86%. DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaKemampuan Guru MenerapkanTeoriBelajar Stimulus Responmemunculkanrespon yang sangatpositifdarisiswasebesar 91,86%. Adapunfaktor-faktor yang mempengaruhiKemampuan Guru MenerapkanTeoriBelajar Stimulus RespondalamPembelajaranPendidikan Agama Islam adalah : 1. Latarbelakangpendidikan guru yang mendukung, karena guru tersebutberlatarbelakangPendidikan Agama Islam 2. Guru-guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di SekolahMenengahPertamaMuhammadiyahPekanbarutelahberpengalamand alammengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:46
Last Modified: 08 Sep 2016 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5554

Actions (login required)

View Item View Item