Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Peer Lessons untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 005 Empat Balai.

Hifni Amelia, - (2021) Penerapan Strategi Peer Lessons untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 005 Empat Balai. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hifni Amelia,(2021): Penerapan Strategi Peer Lessons untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 005 Empat Balai. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran tematik melalui strategi peer lessons dikelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Kerjasama siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran peer lessons dan meningkatkan kemampuan kerjasama. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi peer lessons dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan kerjasama sebelum tindakan yang hanya mencapai 42,3% yang berada pada rentang 30-49% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I ,kemampuan kerjsama siswa meningkat menjadi 72% yang berada pada rentang 70-89% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 98% yang berada pada rentang 90-100% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran tematik dikelas V di SD N 005 Empat Balai dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi Peer Lessons. Kata Kunci: Strategi Peer Lessons, Kemampuan Kerjasama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Aug 2021 06:30
Last Modified: 28 Aug 2021 06:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55245

Actions (login required)

View Item View Item