Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Katerampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Bandur Picak

Melly Handayani, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Katerampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Bandur Picak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Melly Handayani, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Katerampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Bandur Picak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa dengan penerapan model pembelajaran think talk write pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 008 Bandur Picak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis deskripsi siswa diantaranya siswa tidak megetahui isi gagasan yang dikemukakan, siswa tidak mengetahui organisasi isi, siswa tidak benar dalam penulisan ejaan dan tanda baca dan siswa tidak benar dalam penggunaan bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 16 orang siswa. penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan keterampilan menulis deskripsi siswa diperoleh dengan persentase sebesar 42,20% atau berada pada kategori rendah. Setelah menerapkan model pembelajaran think talk write pada siklus I keterampilan menulis deskripsi siswa mencapai 67,18% dengan kategori sedang. Pada siklus II keterampilan menulis deskripsi siswa menjadi meningkat mencapai 82,03% dengan kategori tinggi, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Kata Kunci: Think Talk Write, Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:08
Last Modified: 28 Aug 2021 05:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55231

Actions (login required)

View Item View Item