Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PERUSAHAAN UMUM (PERUM) LEMBAGA KANTOR BERITA NASIONAL (LKBN) RIAU. ANTARANEWS.COM SEBAGAI LEMBAGA PEMERINTAH DAN INFORMASI PUBLIK

Salman Alfasri, Salman (2021) PERAN PERUSAHAAN UMUM (PERUM) LEMBAGA KANTOR BERITA NASIONAL (LKBN) RIAU. ANTARANEWS.COM SEBAGAI LEMBAGA PEMERINTAH DAN INFORMASI PUBLIK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)

Abstract

Sebagai perusahaan umum yang berada dibawah naungan lembaga pemerintah (BUMN) dalam menjalankan perannya dalam penyampaian informasi kepada pemeritah ataupun masyarakat, riau.antaranews.com berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyararakat secara luas untuk membentuk opini publik sehingga pers berperan besar dalam menyebarluaskan informasi dan menfasilitasi alur komunikasi tentang kasus yang terjadi kepada masyarakat dan pemerintah. AdapunPerusahaanUmum (Perum) milik negara bidang Pers berkewajiban mendimensinasikan informasi yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran (LBKN) riau.antaranews.com dalam menyampaikan informasi kepada publik terkait dengan sangketa antara pemerintah dan masyarakat serta untuk mengakomodir keinginan pemerintah ketika terjadi persoalan yang melibatkan pemerintah dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasildari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) riau.antaranews.com sebagai media online sudah menjalankan perannya sebagai media yang berperan sebagai penyampaian informasi dengan cara menyebarkan informasi kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat.(2) riau.antaranews.com berperan dalam melaksanakan fungsi kontrol terhadap berbagaiaktivitas/kebijakan yang dilakukan oleh lembaga pemerintah atau swasta dalam melakukan pelayanan bagi kepentingan masyarakat luas.(3) diera keterbukaan informasi, riau.antaranews.com bukan hanya berperan sebagai media penyampaian informasi, tetapi juga merupakan sarana belajar untuk mengetahui berbagai peristiwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran riau.antaranews.com, Lembaga Pemerintah, Informasi Publik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:50
Last Modified: 09 Jan 2023 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55088

Actions (login required)

View Item View Item