Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PEKANBARU

YOSSY HARYUNI, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

YOSSY HARYUNI (2021) : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN INQUIRY UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS dalam pembelajaran matematika berbasis pendekatan Inquiry yang memenuhi kriteria valid, praktis, efektif dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Inquiry. Sampel dalam penelitiaan ini adalah kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan LKS. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (88%) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pendekatan Inquiry ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Pendekatan Inqury, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:41
Last Modified: 26 Aug 2021 02:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/55067

Actions (login required)

View Item View Item