Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEANDALAN SISTEM JARINGAN DISTRIBUSI 20 kV DI PT. PLN (Persero) ULP LIMA PULUH KOTA PADA FEEDER-1 PANGKALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRS (LOOP RESTORATION SCHEME)

TAUFIK HIDAYAT, - (2021) ANALISIS KEANDALAN SISTEM JARINGAN DISTRIBUSI 20 kV DI PT. PLN (Persero) ULP LIMA PULUH KOTA PADA FEEDER-1 PANGKALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRS (LOOP RESTORATION SCHEME). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ANALISIS KEANDALAN SISTEM JARINGAN DISTRIBUSI 20 kV DI PT. PLN (Persero) ULP LIMA PULUH KOTA PADA FEEDER-1 PANGKALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRS (LOOP RESTORATION SCHEME) TAUFIK HIDAYAT 11655103565 Tanggal Sidang: Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Keandalan merupakan hal yang sangat penting dalam penyaluran sistem tenaga listrik di jaringan distribusi tegangan menengah. Indek keandalan digunakan untuk mengetahui seberapa sering tingkat pemadaman yang dirasakan oleh pelanggan dalam 1 tahun. Studi kasus yang dilakukan pada penelitian ini pada PT. PLN (Persero) ULP Lima Puluh Kota Pada Feeder-1 Pangkalan. Pada penelitian ini menganalisis indeks keandalan pada kondisi existing yang yang dievaluasi dengan SPLN 86:2-1986. Kemudian menerapkan recloser pada sistem distribusi dan menyimulasikan dengan software ETAP 12.6.0, dimana hasil yang didapatkan dievaluasi dengan standard SPLN. Kemudian menerapkan metode Loop Restoration Scheme (LRS) sebagai peningkatan indeks keandalan dalam sistem distribusi dengan menggunakan kondisi perfect dan kondisi imperfect. Hasil yang didapatkan bahwa evaluasi kondisi kondisi existing dan penambahan recloser dapat meningkatkan indeks keandalan SAIFI sebesar 65.94%, indeks keandalan SAIDI penurunan sebesar 37.73%. Nilai indeks keandalan dengan metode LRS didapatkan peningkatan keandalan SAIFI sebesar 83.44%, sedangkan indeks SAIDI mengalami peningkatan sebesar 15.339%. Pada kondisi Imperfect peningkatan keandalan SAIDI sebesar 83.56%, sedangkan pada indeks keandalan SAIDI mengalami peningkatan sebesar 15.04%. Pada kondisi Perfect nilai keandalan SAIFI mengalami kenaikan sebesar 99.51%, sedangkan nilai keandalan SAIDI mengalami kenaikan sebesar 97.57%. Kata Kunci : Loop Restoration Scheme (LRS), indeks keandalan, Sistem Distribusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:46
Last Modified: 13 Aug 2021 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54458

Actions (login required)

View Item View Item