Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTIONS TERADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Evayani, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTIONS TERADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Evayani (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With a Questions terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh model pembelajaran Learning Start With A Question terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Tapung Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyeknya adalah siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial. Obyek penelitiannya yaitu pengaruh model pembelajaran learning start with a questions terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 71 siswa. Seluruh populasi dijadikan sampel (sampel jenuh) yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Start With A Question pada mata pelajaran ekonomi terlaksana dengan baik dengan persentase 75,13%, sedangkan keaktifan belajar siswa juga tergolong baik dengan persentase 79,77%. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Start With A Question terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Tapung yang terbukti dari nilai r hitung > r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau 0,235<0,651> 0,306. Persentase pengaruh model pembelajaran Start With A Question terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 42,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Learning Start With a Questions, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Aug 2021 00:25
Last Modified: 13 Aug 2021 00:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54437

Actions (login required)

View Item View Item