Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA

UIRMA ISNANI ANISA, - (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV WT.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV WT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UIRMA ISNANI ANISA (2021):ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas VII SMP N 1 Bangkinang Kota yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket, tes dan wawancara yang dilakukan secara online. Adapun instrumen yang digunakan adalah angket kemampuan metakognisi, soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis sebanyak 6 soal berbentuk uraian serta pedoman wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis menggunakan teknik Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa secara keseluruhan adalah berada pada tingkat sedang dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis tertiggi adalah indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika dan yang indikator terendah adalah mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal. Kemampuan metakognisi siswa secara keseluruhan adalah berada pada tingkat metakognisi sedang. Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemampuan metakognisi siswa adalah pada metakognisi tinggi mampu memenuhi 4 indikator pemahaman konsep, metakognisi sedang hanya mampu memenuhi 2 indikator pemahaman konsep, metakognisi rendah hanya memenuhi indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Metakognisi, Pecahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:21
Last Modified: 12 Aug 2021 23:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54322

Actions (login required)

View Item View Item