Dzykri Shadik Mandawian, - (2021) Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Administrasi Keuangan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
||
|
Text
GABUNGAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dzykri Shadik Mandawian (2021) : Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Administrasi Keuangan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran administrasi keuangan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada guru yang sudah menerapkan kurikulum 2013 tetapi belum maksimal dalam menerapkannya di dalam pembelajaran di kelas karena guru masih terbiasa dengan penerapan pembelajaran di kurikulum KTSP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah guru Administrasi Keuangan kelas XI Jurusan Admnistrasi Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang, sedangkan objeknya adalah implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran administrasi keuangan. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran administrasi keuangan kelas XI jurusan Administrasi perkantoran dan informan tambahan yaitu 1 Peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan metode uji kredibilitas dengan menggunakan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Administrasi Keuangan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang sudah dilaksanakan cukup baik hal ini dapat dibuktikan dengan adanya guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas. Guru mengamati peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung. Guru menanya kepada peserta didik tentang materi yang dipelajari. Guru mengumpulkan informasi untuk itu peserta didik dapat membaca buku yang lebih banyak, memperhatikan fenomena atau objek yang lebih teliti, atau bahkan melakukan eksperimen. Guru menarik kesimpulan terhadap seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil yang diperoleh. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. Guru melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas. Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Analisis, Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran Administrasi Keuangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 05:39 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 05:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54209 |
Actions (login required)
View Item |