Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Kelas V pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kabupaten Kampar.

Syaftio Mariyaldo, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Kelas V pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syaftio Mariyaldo (2021): Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Kelas V pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada mata Pelajaran ilmu pengetahuan alam dI kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kurangnya Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada mata Pelajaran ilmu pengetahuan alam Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peseta didik kelas V SDM 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Index Card Mach untuk meningkatkan kerja siswa pada pembelajaran tematik di kelas V sekolah Dasar Muhammadiyah Penyasawan.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas V Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Muatan Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini dapat dilihat bahwa kemampuan bekerjasama siswa pada muatan pelajaran IPA sebelum tindakan hanya mencapai 66,92% atau masih tergolong kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, kemampuan bekerjasama siswa meningkat menjadi 75,6% atau tergolong cukup. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 89,61% atau tergolong baik. Artinya, hasil kemampuan bekerjasama siswa telah mencapai indikator keberhasilan. Kata Kunci : Model Index Card Match, Kemampuan Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:38
Last Modified: 12 Aug 2021 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54178

Actions (login required)

View Item View Item