Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Nahdhotut Tholabah Desa Bina Baru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar.

Zuskarni, - (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Nahdhotut Tholabah Desa Bina Baru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zuskarni, (2021) :Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Nahdhotut Tholabah Desa Bina Baru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran matematika melalui metode tutor sebaya di kelas V MI Nahdhotut Tholabah Desa Bina Baru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa kelas V MI Nahdhotut Tholabah Desa Bina Baru. Objek dalam penelitian ini adalah metode tutor sebaya dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini diaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa, sebelum tindakan 9 orang siswa atau 37,5% berada pada kategori kurang 15 orang siswa yang tidak mencapai nilai kemampuan pemecahan masalah kategori kurang atau 62,5%. kemudian setelah menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya pada siklus I kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan dari 24 orang siswa hanya 15 orang siswa yang mencapai nilai kemampuan pemecahan masalah yang cukup dengan presentasi klasikal adalah 62,5%. 9 orang siswa yang tidak mencapai nilai kemampuan pemecahan masalah yang baik dengan presentasi 37,5%. Pada siklus II mengalami peningkatan dibanding siklus I. Dengan dengan Rata-rata 91,66%, dari 24 orang siswa terdapat 2 orang siswa yang tidak mencapai nilai kemampuan pemecahan masalah yang baik dengan klasikal 91-100%. Secara klasikal angka ini sudah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Kelas V MI Nahdhotut Tholabah Desa Bina Baru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Kata kunci: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:34
Last Modified: 12 Aug 2021 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54161

Actions (login required)

View Item View Item