Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

Anang Ilham Ali, - (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANANG ILHAM ALI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anang Ilham Ali, (2021): Strategi Pembelajaran Fiqih Masa Pandemi COVID-19 dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran fiqih masa pandemi COVID-19 dalam pencapaian kompetensi dasar siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa/I dan guru di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Fiqih Masa Pandemi COVID- 19 Dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data yang di peroleh dari Strategi Pembelajaran Fiqih Masa Pandemi COVID-19 Dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru bahwasanya strategi pembelajaran fiqih di MA Darul Hikmah sesuai dengan teori yang di paparkan oleh ageng triyono yaitu (a) guru selalu menggunakan contoh ketika proses pembelajaran melalui media berupa rekaman guru mendemonstrasikan materi ajar, rekaman dari internet, ataupun video., (b) selalu melakukan tanya jawab mengenai materi yang diajar melalui media pada proses pembelajaran disetiap akhir sesi pembajaran., (c) guru selalu menginstruksikan kepada siswa untuk mengaktifkan kameranya ketika siswa menjawab pertanyaan guru., (d) guru merekam proses pembelajaran siswa., (e) guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat vidio penjelasan materi., dan (f) guru mendokumentasikan data digital proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Adapun faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran fiqih masa pandemi COVID-19 yaitu (a) jangkauan jaringan yang kurang bagus karena berada di daerah pedesaan sehingga jangkuan jaringan internet yang mereka miliki tidak begitu bagus. (b) kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran fiqih. (c) kurangnya kesadaran siswa untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Kata kunci: Strategi, pembelajaran fiqih masa pandemi COVID-19, pencapaian kompetensi dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2021 05:55
Last Modified: 11 Aug 2021 05:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54021

Actions (login required)

View Item View Item