Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 01 PEKANBARU

SAMUDDIN RITONGA, - (2021) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 01 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)

Abstract

SAMUDDIN RITONGA (2021) : PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 01 PEKANBARU Para ahli mengatakan bahwa lingkungan sekitar sebagai sumber belajar sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik, keterampilan sosial, dan budaya, perkembangan emosional dan intelektual siswa. Rumusan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada Pengaruh pemanfaatan lingkungan keluarga sebagai sumber belajar terhadap pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru yang berjumlah sebanyak 52 orang. Sedangkan metode yang peneliti lakukan dalam penelitian ini hanya tiga, yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data, peneliti menggunakan Program Spss 23 Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap data yang dikumpulkan melalui penelitian kemudian dikonsultasikan dengan kriteria yang telah ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemanfaatan lingkungan keluarga sebagai sumber belajar terhadap pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru sebesar 70,2% sedangkan sisanya 29,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji T maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan keluarga sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 01 Pekanbaru. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y Kata kunci: pemanfaatan, lingkungan, keluarga, pemahaman dan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:43
Last Modified: 10 Aug 2021 08:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53945

Actions (login required)

View Item View Item