Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 SUKA MAJU KECAMATAN TAPUNG HILIR

SITI ARISKA, - (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 SUKA MAJU KECAMATAN TAPUNG HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI ARISKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Ariska, (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With a Question untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Suka Maju Kecamatan Tapung Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya siswa pada tema Indahnya Keragaman di negeriku melalui penerapan strategi strategi learning starts with a questions di kelas IVA SD Negeri 007 Suka Maju. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bertanya siswa pada muatan pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang siswa kelas IVA SD Negeri 007 Suka Maju. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran learning starts with a questions dan keterampilan bertanya siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi pembelajaran learning starts with a questions dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum dilakukan tindakan hasil keterampilan bertanya siswa hanya mencapai 38,93% atau berada pada kategori sangat kurang. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, keterampilan bertanya siswa menjadi 70,33% atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II, keterampilan bertanya siswa mengalami peningkatan menjadi 85,00% atau berada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran learning starts with a questions pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa di kelas IVA SD Negeri 007 Suka Maju. Kata kunci: Strategi Learning Starts with a Questions, Keterampilan Bertanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:23
Last Modified: 10 Aug 2021 08:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53885

Actions (login required)

View Item View Item