Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL FAKTA DASAR PERKALIAN PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 024 TARAI BANGUN

Wahyu Fitrianingsih,, - (2021) PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL FAKTA DASAR PERKALIAN PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 024 TARAI BANGUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHYU FITRIANINGSIH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wahyu Fitrianingsih, (2021) : Pengaruh Media Flashcard terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Fakta Dasar Perkalian pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar Negeri 024 Tarai Bangun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flashcard yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menghafal fakta dasar perkalian pada muatan pelajaran matematika kelas III SDN 024 Tarai Bangun. Penelitian ini dilatar belakangi atas rendahnya kemampuan menghafal fakta dasar perkalian siswa. Sebagian siswa kesulitan dalam mengulang kembali 100 perkalian (0-9 kali 0-9) secara baik. Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 024 Tarai Bangun, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 024 Tarai Bangun. Dari dua kelas yang ada, kelas III A dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, performance tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil rata-rata skor kemampuan menghafal fakta dasar perkalian matematika siswa pada kelas eksperimen sebesar 64,6 dan kelas kontrol sebesar 46. Dan analisis data, maka diperoleh bahwa Sig (2-tailed) yakni sebesar 0,000 artinya Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05%, kemudian t hitung pada tabel tersebut sebesar 2,330 sedangkan t tabel sebesar 1,770 artinya t hitung > dari t tabel (2,330>1,770) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Flashcard terhadap kemampuan menghafal fakta dasar perkalian muatan Matematika kelas III SDN 024 Tarai Bangun Kata kunci : Media Flashcard, Kemampuan Menghafal Fakta Dasar Perkalian Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Aug 2021 07:31
Last Modified: 07 Aug 2021 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53553

Actions (login required)

View Item View Item