Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS METODE PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

YEZI NUR ARSY, - (2021) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS METODE PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

YEZI NUR ARSY (2021) : EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS METODE PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan generik sains kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tambang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran eksperimen berbasis metode Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan generik sains siswa pada materi laju reaksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI MIPA 1 (kelas kontrol) dan XI MIPA 3 (kelas eksperimen). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan post-test, serta dokumentasi. Perbedaan efektifitas dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis data awal dan akhir diperoleh nilai thitung = 2,22 dan ttabel = 1,994 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan strategi pembelajaran eksperimen berbasis metode Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) efektif terhadap keterampilan generik sains siswa pada materi laju reaksi kelas XI SMA Negeri 2 Tambang, dengan efektifitas sebesar 6,6%. Kata Kunci : Keterampialn Generik Sains (KGS), Metode Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Laju Reaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:36
Last Modified: 06 Aug 2021 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53539

Actions (login required)

View Item View Item