Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kata Kerja Transitif dengan Huruf Jar dalam Al-Qur'an dan Aplikasinya pada Pengajaran Bahasa Arab (Studi Analisis Linguistik dalam Surat Al-Baqarah)

M.SAID EFENDI, SE (2021) Kata Kerja Transitif dengan Huruf Jar dalam Al-Qur'an dan Aplikasinya pada Pengajaran Bahasa Arab (Studi Analisis Linguistik dalam Surat Al-Baqarah). Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
cover, Bab I, II, III, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
said Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al Af’al Muta’addiyah (Kata Kerja Transitif) dengan Huruf Jar banyak dipakai dalam ucapan, sehingga jika digabungkan kata kerja transitif dengan huruf jar akan mempengaruhi makna kata kerja tersebut. Peneliti memfokuskan pencarian kata kerja transitif dengan huruf jar dalam Surat Al-Baqarah, Surat Al-Baqarah terdiri dari 286 ayat dan merupakan surat terpanjang di dalam Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung Kata Kerja Transitif dengan Huruf Jar dalam Surat Al-Baqarah serta bagaimana menerapkan dalam pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenisnya deskriptif, dan bidang penelitiannya adalah kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ini ada dua, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer diperoleh dari Al-Qur'an pada Surat Al-Baqarah. Sedangkan sumber sekunder diperoleh dari buku-buku tambahan yang berhubungan dengan topik penelitian. dan data-datanya, seperti Mu’jam Al-Af’al Muta’addiyah Bi Harf dan Mufradat Alfadz Al-Qur’an dan lain-lain.Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah mengumpulkan semua data kemudian membaginya, mengklasifikasikannya dalam bentuk laporan penelitian, dan membuat kesimpulan dari akhir penelitian. Kata Kerja Transitif dengan huruf jar berjumlah 56 kata kerja yang transitif dengan 7 huruf jar pada 50 ayat di dalam Surat Al Baqarah, yaitu "إلى", "على", "من", "الباء", "عن", "اللام" dan "في". Dan metode pengajaran Kata Kerja Transistif dengan huruf jar adalah metode qiyasiah dan metode istiqraiyah, dan kedua metode ini dapat digunakan dalam pengajaran bahasa arab dengan memperhatikan kondisi peserta didik, latar belakang dan jenjang pendidikan mereka.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:29
Last Modified: 04 Aug 2021 07:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53123

Actions (login required)

View Item View Item