Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 12 Pekanbaru

Silfia Junita, - (2021) Pengaruh Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Silfia Junita (2021) : Pengaruh Pembelajaran Menyenangkan (Joyfull Learning) terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 12 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menyenangkan (joyfull learning) terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperiment dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah pembelajaran joyfull learning terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran eknomi di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa X IPS yang terdiri dari 170 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS2 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS3 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang diperoleh thitung yaitu 3,007 dengan sig. (2-tailed) = 0,002 (0,002/2= 0,001), pada taraf signifikansi 5% dan 1% dengan df = 68 maka diketahui ttabel yaitu 1,995 dan 2,650 yang artinya thitung > ttabel (1,995<3,007>2,650), dan nilai sig.<0,05 (0,001<0,05). Sehingga dapat dikatakan bahwa dari pengujian hipotesis berdasarkan ketentuan jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran menyenangkan (joyfull learning) terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Kata kunci : Pembelajaran Joyfull Learning, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:57
Last Modified: 04 Aug 2021 06:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53122

Actions (login required)

View Item View Item