Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN PENGELOLAAN WEBSITE WWW.PEKANBARU.GO.ID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PUBLIK DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN

Lydia Latifah, Lydia (2021) MANAJEMEN PENGELOLAAN WEBSITE WWW.PEKANBARU.GO.ID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PUBLIK DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Website www.pekanbaru.go.id yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru satu-satunya media centre dari Riau yang masuk tingkat Nasional dan berhasil menjadi media centre Pemerintah terbaik di Indonesia dengan peringkat ke-7 dalam kategori teraktif dalam pemberitaan pada tahun 2020. Website pemerintah daerah diharapkan memiliki kualitas tinggi, mudah diakses dan inklusif dalam menampilakan citra yang berkaitan dengan kegiatan pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Maka diperlukannya manajemen dalam melakukan pengelolaan media website. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pengelolaan Website www.pekanbaru.go.id yang dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian sebagai Media Informasi Publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teori new media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Diskominfotik Kota Pekanbaru melakukan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang meliputi proses perencanaan, penyediaan, pengembangan, pemeliharaan dan pemanfaatan SDM yang sesuai dalam mengelola website, menggunakan tampilan website yang sesuai dan mudah dimengerti serta kreatif dalam pilihan tampilan website meliputi layout, warna, tipografi, bentuk dan gambar, penyajian konten berita berita, foto dan video sudah mengikuti peraturan UU Pers No.40 tahun 1999 dan UU No. 14 tahun 2008 mengenai keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan pada akses jaringan bahwa Diskominfotik menggunakan Jaringan Intranet dalam mengelola website dan tidak menggunakan jaringan ekstranet dalam mengelola website serta adanya kekurangan Sumber Daya Manusia pada Bidang IT dalam mengelola website.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengelolaan, Website, Keterbukaan Informasi Publik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Aug 2021 07:41
Last Modified: 04 Aug 2021 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/53100

Actions (login required)

View Item View Item