Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pencampuran Ekstrak Daun Jambu Mete (Anacardium occidentale Linn) di Dalam Air Minum terhadapKarakteristik Karkas Ayam Broiler Fase Finisher

Mohammad Alghifari Syafaat, - (2021) Pengaruh Pencampuran Ekstrak Daun Jambu Mete (Anacardium occidentale Linn) di Dalam Air Minum terhadapKarakteristik Karkas Ayam Broiler Fase Finisher. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Daun Jambu mete (Anacardium occidentale Linn) merupakan salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai ramuan herbal karena mengandung flavonoid, tanin-galat, asam anakardiol, asam elagat, senyawa fenol, kardol, dan metil kardol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa level pemberian konsumsi ekstrak daun jambu mete (EDJM) di dalam air minum terhadap karakteristik karkas ayam broiler meliputi bobot badan akhir, bobot karkas, persentase bobot karkas, bobot lemak abdominal dan persentase bobot lemak abdominal. Penelitian ini telah dilaksanakn pada bulan Januari hingga Februari 2021 di UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam broiler yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Tiap-tiap perlakuan terdiri dari 4 ekor ayam. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 (0% EDJM/L air minum), P1 (5% EDJM/L air minum), P2 (90% air minum + 10% EDJM), (P3 85% air minum + 15% EDJM) dan P4 (80% air minum + 20% EDJM). Parameter yang diukur adalah bobot badan akhir, bobot karkas, persentase karkas, bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian EDJM hingga kadar 20% dalam air minum berpengaruh nyata (P<0.05) menurunkan bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal, tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap bobot badan akhir, bobot karkas, dan persentase karkas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian EDJM dalam air minum sampai level 20% dapat memperbaiki karakteristik karkas khususnya dalam menurunkan bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal. Kata Kunci : Ayam broiler, ekstrak daun jambu mete, bobot karkas, bobot lemak abdominal dan persentase bobot lemak abdominal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 05 Aug 2021 10:03
Last Modified: 05 Aug 2021 10:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52983

Actions (login required)

View Item View Item