Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS III MIN DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU

YENI SURYANI SAMAUN (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS III MIN DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FULL kecuali BAB IV_Yeni Suryani.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Yeni Suryani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan di kelas III MIN 1 Indragiri Hulu, yaitu guru hanya menggunakan media konvensional dalam pembelajaran SKI, aktivitas belajar siswa yang cenderung pasif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum. Penggunaan media Puzzle dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar SKI siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media Puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar SKI kelas III MIN di Kabupaten Indragiri Hulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN di Kabupaten Indragiri Hulu. Sampel penelitian kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol di MIN 1 Indragiri Hulu. Pengambilan sampel dilakukan secara random (acak)menggunakan undian. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, terdapat perbedaan aktivitas yang signifikan bagi siswa yang diajar menggunakan media Puzzle dengan aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan media gambar pada pembelajaran SKI kelas III MIN di Kabupaten Idragiri Hulu. Berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung sebesar 1,894 dengan taraf signifikan 5% adalah 1,682, harga t hitung lebih besar dari t tabel sehingga Ha diterima. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan bagi siswa yang diajar menggunakan media Puzzle dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media gambar pada pembelajaran SKI kelas III MIN di Kabupaten Idragiri Hulu. Berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung sebesar 2,202 dengan taraf signifikan 5% adalah 1,682, harga t hitung lebih besar dari t tabel sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:01
Last Modified: 28 Jul 2021 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52686

Actions (login required)

View Item View Item