Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Tema Perkembangan Teknologi Kelas III Sdm 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Kabupaten Kampar

Nor Fitri Amaliah, - (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Tema Perkembangan Teknologi Kelas III Sdm 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nor Fitri Amaliah, (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Tema Perkembangan Teknologi Kelas III Sdm 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa pada tema perkembangan teknologi melalui penerapan strategi think pair share kelas III SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar-belakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa diantaranya siswa kurang menghargai pendapat siswa yang lain dan kurang berani dalam menyampaikan pendapatnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas III SDM 014 pulau payung yang berjumlah 18 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini strategi think pair share dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang mencakup analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh persentase keterampilan sosial siswa mencapai 50,3% atau berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan strategi pembelajaran think pair share pada siklus I pertemuan 1, keterampilan sosial siswa sedikit meningkat dengan persentase 55,9% atau berada pada kategori kurang dan pada pertemuan kedua naik lagi menjadi 62,1%. kemudian siklus II pertemuan ketiga, keterampilan sosial siswa meningkat dengan persentase 71,9% dengan kategori baik dan pada pertemuan keempat naik lagi menjadi 83,3%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran think pair share pada tema perkembangan teknologi dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di kelas III SDM 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Kabupaten Kampar. Kata kunci: Keterampilan Sosial, Strategi Think Pair Share

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jul 2021 16:50
Last Modified: 30 Jul 2021 16:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52638

Actions (login required)

View Item View Item