PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU

Sagita Suryade, (2014) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu konsep diri (variabel bebas/independen atau variabel X) dan prestasi belajar siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI IPS dan XII IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu, sedangkan objeknya adalah konsep diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI IPS dan XII IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu yang berjumlah 543 orang, karena jumlah populasi terlalu banyak maka penulis mengambil sampel sebanyak 84 orang. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan korelasi product moment, serta penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ujungbatu, dengan kontribusi konsep diri terhadap prestasi belajar adalah 0,587 x 100% = 58,7% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Di mana ro (observasi) = 0,766, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,217 < 0,766 > 0,283, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 05:07
Last Modified: 07 Jun 2016 05:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5232

Actions (login required)

View Item View Item