Suhendra Nofarian (2014) STRATEGI GURU PEMBIMBING DALAM PENCAPAIAN PERKEMBANGAN RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (11kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) strategi guru pembimbing dalam pencapaian perkembangan religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbarudan (2) faktor–faktor yang mempengaruhi strategi guru pembimbing dalam pencapaian perkembangan religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi dalam pencapaian perkembangan religious. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4 orang guru pembimbing. Peneliti menggunakan Total Sampling (semua populasi dijadikan sampel).Untuk pengumpulan data digunakan teknik wawancara terhadap guru pembimbing. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu memaparkan apa adanya hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru pembimbing dalam pencapaian perkembangan religius adalah (1) guru pembimbing memberikan pemahaman tentang aturan–aturan dalam Islam. (2) guru pembimbing menjelaskan tentang pokok–pokok ajarana agama. (3) guru pembimbing memberikan contoh–contoh hubungan menurut ajaran agama. (4) penggunaan poster bernuansa religius. (5) pembiasaan penanaman nilai–nilai religius dalam pergaulan sekolah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru pembimbing dalam pencapaian perkembangan religius adalah(1) faktor pendukung (a) kepedulian kepala sekolah dalam bentuk komunikasi (b) program–program sekolah yang bersifat religius yaitu IMTAQ, infak Jum’at, sholat zuhur berjamaah, tadarus sebelum jam pelajaran pertama dimulai (c) sarana sekolah yaitu masjid. (2) faktor penghambat (a) waktu tatap muka yang kurang hanya satu jam perminggu setiap kelas. (b) kepedulian orang tua masih kurang. (c) sarana di dalam ruang BK belum lengkap seperti printer dan komputer. (d) kerjasama guru pembimbing dengan guru mata pelajaran agama Islam yang belum terjalin dengan baik. Kata Kunci : Strategi , Guru Pembimbing, Perkembangan Religius.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 04:42 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 04:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5227 |
Actions (login required)
View Item |