Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PERAWANG BARAT KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Fitrikha (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PERAWANG BARAT KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif dapat meningkatkan keaktif an belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang yang terbagi atas 11 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil kelas inidengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, penelti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam peneltian tindakan kelas, yaitu:1) perencanaan/persiapan 2) pelaksanakan tindakan 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 42.30% setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata keaktifan belajar siswa kelas V pada siklus pertama rata-rata mencapai 56.90% tergolong “cukup” karena 56.90% berada pada rentang 41%-60% Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rata-rata persentase 86.10% tergolong “Sangat Kuat” karena 86.10% berada pada rentang 81%-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II 29.20%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:33
Last Modified: 07 Jun 2016 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5221

Actions (login required)

View Item View Item