Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan Mengemukakan Pendapat pada Pembelajaran Tematik kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan.

Safitri Purnamasari, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan Mengemukakan Pendapat pada Pembelajaran Tematik kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)

Abstract

ABSTRAK Safitri Purnamasari, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan Mengemukakan Pendapat pada Pembelajaran Tematik kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Think Pair Share yang dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema Makanan Sehat di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 23 siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran Think Pair Share dan kemampuan Mengemukakan Pendapat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 38,48 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi 60,87 atau tergolong masi kurang. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 80,87 atau tergolong dalam kategori cukup baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema makanan sehat di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Mengemukakan Pendapat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:34
Last Modified: 27 Jul 2021 06:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52174

Actions (login required)

View Item View Item