Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN NUTRISI DAGING ENTOK YANG DITAMBAH PASTA JAHE MERAH (Zingiber officinale Rb) DENGAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA

Nuzuriyati, - (2021) KANDUNGAN NUTRISI DAGING ENTOK YANG DITAMBAH PASTA JAHE MERAH (Zingiber officinale Rb) DENGAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

KANDUNGAN NUTRISI DAGING ENTOK YANG DITAMBAH PASTA JAHE MERAH (Zingiber officinale Rb) DENGAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA Nuzuriyati (11581200993) Di bawah bimbingan Irdha Mirdhayati dan Evi Irawati INTISARI Jahe memiliki kemampuan mempertahankan kualitas pangan yaitu sebagai anti mikroba dan antioksidan. Senyawa aktif yaitu gingrone dan ginggerol yang berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Entok merupakan sumber protein hewani, mengandung kadar lemak rendah namun kurang disukai karena memiliki tekstur keras dan berbau amis. Pemberian pasta jahe merah dengan penyimpanan suhu dingin (5°C) di dalam refrigerator diharapkan mampu mempertahankan kandungan nutrisi daging entok. Tujuan enelitian ini untuk mengetahui masa simpan daging entok yang ditambah pasta jahe merah 50% pada penyimpanan suhu dingin ditinjau dari nilai nutrisi (kadar air, protein, lemak dan abu). Penelitian ini mengunakan Rancangan Acak Lengkap 5x3 dengan 3 ulangan. Perlakuan adalah umur simpan daging entok yang diberi 50% pasta jahe merah, terdiri atas : 0, 7, 14 dan 21 hari. Sebagai kontrol adalah daging entok tampa jahe merah pada 0 hari. Parameter yang diamati adalah adalah kualitas kimia yang meliputi air, protein, lemak dan abu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama penyimpanan 21 hari pada daging entok yang ditambah jahe merah pada kadar air dan kadar protein berpengaruh nyata, (P<0,05) karena menurunkan kadar air dan meningkatkan kadar protein, sedangkan pada kadar lemak dan kadar abu tidak berpengaruh nyata. (P>0,05). Dapat disimpulkan bahwa penyimpanan daging entok yang ditambah pasta jahe merah 50% pada suhu dingin sampai 21 hari dapat menurunkan kadar air namun mempertahankan nilai kadar lemak dan kadar abu. Kata kunci : krakteristik kimia, daging entok, penyimpanan 21 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 27 Jul 2021 09:14
Last Modified: 27 Jul 2021 09:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52115

Actions (login required)

View Item View Item