Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Model Pembelajaran SMART dalam Mata Pelajaran Fikih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru.

Tia Audinar,, - (2021) Pengembangan Model Pembelajaran SMART dalam Mata Pelajaran Fikih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tia Audinar, (2021): Pengembangan Model Pembelajaran SMART dalam Mata Pelajaran Fikih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran SMART dalam mata pelajaran fikih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran SMART dalam mata pelajaran Fikih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru yang memiliki tahapan pertama dengan langkah-langkah dan tahapan kedua dengan langkah-langkah. Dan bagaimana kualitas hasil pengembangan model pembelajaran SMART dalam mata pelajaran Fikih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru yang memiliki penerapan tahap pertama dan penerapan tahap kedua. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu: variabel X (Pengembangan Model Pembelajaran) dan variabel Y (Mata Pelajaran Fikih). Teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, test dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan model pembelajaran SMART dalam mata pelajaran fikih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru memberikan pengembangan yang signifikan terhadap pemahaman siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran SMART dalam mata pelajaran fikih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru dengan hasil penelitian pertama dan kedua dari data observasi dan tes sujud syukur, sujud tilawah dan puasa. Hasil penelitian pertama dari data observasi materi sujud syukur dan sujud tilawah dengan nilai 88,70 % dengan kategori Sangat Baik. Dan hasil dari data tes materi sujud syukur dan sujud tilawah dengan nilai 94,73 dengan kategori Baik Sekali. Kemudian hasil penelitian kedua dari data observasi dan tes yaitu hasil data observasi materi puasa dengan nilai 89,06% dengan kategori Sangat Baik. Dan hasil data tes materi puasa dengan nilai 96,18 dengan kategori Baik Sekali. Kata Kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran SMART, Mata Pelajaran Fikih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:04
Last Modified: 23 Jul 2021 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52105

Actions (login required)

View Item View Item