Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kontribusi Pemahaman Materi Shadaqah, Hibah Dan Hadiah terhadap Perilaku Gemar Berbagi Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru.

Ridho Safita, - (2021) Kontribusi Pemahaman Materi Shadaqah, Hibah Dan Hadiah terhadap Perilaku Gemar Berbagi Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ridho Safita, (2021) : Kontribusi Pemahaman Materi Shadaqah, Hibah Dan Hadiah terhadap Perilaku Gemar Berbagi Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi materi shadaqah, hibah dan hadiah terhadap perilaku gemar berbagi siswa pada pembelajaran fikih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah Apakah ada kontribusi pemahaman materi shadaqah, hibah dan hadiah terhadap perilaku gemar berbagi siswa pada pembelajaran fikih di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu: veriabel X (kontribusi pemahaman materi shadaqah, hibah dan hadiah) dan variabel Y (perilaku gemar berbagi siswa). Teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah teknik test, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rumus prodact momen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi pemahaman materi shadaqah, hibah dan hadiah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku gemar berbagi siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa kontribusi materi shadaqah, hibah dan hadiah pada pembelajaran fikih adalah sebesar 94,25% atau dalam kategori sangat baik. Sedangkan perilaku gemar berbagi siswa sebesar 81,90% atau dalam kategori sangat baik. Melalui rumus korelasi prodact momen, hasil penelitian menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,649lebih besar dari taraf signifikan 1% 0,393 dan 5% 0,273 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa kontribusi pemahaman materi shadaqah, hibah dan hadiah pada pembelajaran fikih terbukti menunjukkan adanya peningkatan perubahan perilaku gemar berbagi siswa di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Kata Kunci: Kontribusi, Shadaqah, Hibah, Hadiah, Perilaku Gemar Berbagi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2021 06:59
Last Modified: 23 Jul 2021 06:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/52097

Actions (login required)

View Item View Item