MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PASANGAN DALAM PRAKTIK PENGULANGAN DI KELAS IV A SEKOLAH DASARNEGERI 181 PEKANBARU

Atik Ifah Afrizaeni, (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PASANGAN DALAM PRAKTIK PENGULANGAN DI KELAS IV A SEKOLAH DASARNEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe pasangan dalam praktik pengulangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi pembelajaran aktif tipe pasangan dalam praktik pengulangan di kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV A dengan jumlah siswa sebanyak 45 orang yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe pasangan dalam praktik pengulangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata presentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Setelah melaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 48,88% atau 22 siswa yang tuntas. Pada siklus I siswa yang tuntas menjadi 13 orang siswa atau ketuntasan mencapai 77,77%. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat mencapai 15 orang siswa atau dengan presentase 82,22%. Dengan demikian dapat tarik kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe pasangan dalam praktik pengulangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:15
Last Modified: 07 Jun 2016 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5203

Actions (login required)

View Item View Item