Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PELAKSANAAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN PLATFORM SCHOOLOGY PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS CENDANA KOTA PEKANBARU

Yusuf Nuriman, - (2021) ANALISIS PELAKSANAAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN PLATFORM SCHOOLOGY PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS CENDANA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Yusuf Nuriman(2021): Analisis Pelaksanaan Blended Learning Menggunakan Platform Schoology pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Cendana Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan blended learning menggunakan platform schoology pada pembelajaran ekonomi di SMA Cendana Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru ekonomi dan siswa kelas X IPS yang berjumlah 10 orang. Objek penelitian ini adalah analisis pelaksanaan blended learning menggunakan platform schoology. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas X IPS sedangkan informan tambahan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada indikator Pembuatan Akun dapat diketahui yang paling rendah terletak pada kemampuan siswa dalam menambahkan anggota dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran menggunakan schoology. Pada bagian course material dapat diketahui bahwa indikator kemudahan mengakses materi dan melaksanakan ujian pada schoology mendapatkan tanggapan seluruh siswa yang paling rendah. Sedangkan indikator yang paling tinggi adalah kemudahan akses materi dan mengumpulkan tugas. Adapun komposisi yang diharapkan siswa terkait dengan pembelajaran blended learning adalah 70% tatap muka dan 30% melalui platform schoology. Hasil observasi pelaksanaan blended learning dengan platform schoology menunjukan hasil yang Baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase penilaian Pada pertemuan 1 mendapatkan penilaian 75,55% dengan kategori Baik. Pada pertemuan 2 mendapatkan penilaian 77,77% dengan kategori Baik. Pada pertemuan 3 mendapatkan penilaian 80% dengan kategori Baik. Kata Kunci: Analisis, Blended Learning, Platform Schoology,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2021 05:43
Last Modified: 27 Jul 2021 05:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51993

Actions (login required)

View Item View Item