PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMPN 3 RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Siti Dwi Hartanti, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMPN 3 RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok dengan Multiple Intelligence Logical-Mathematical dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan komunikasi matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok dengan Multiple Intelligence Logical-Mathematical dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Rumbio Jaya ?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Ekperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Rumbio Jaya sebanyak 50 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan Model Investigasi Kelompok dengan Multiple Intelligence Logical-Mathematical. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Pembelajaran dilaksanakan dalam enam kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan Model Investigasi Kelompok dengan Multiple Intelligence Logical-Mathematical, satu pertemuan pengujian pretest, dan satu pertemuan lagi dilaksanaka posttest. Hasil dari penelitian diuji dengan Liliefors untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus test-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan komunikasi matematika antar siswa yang menggunakan Model Investigasi Kelompok dengan Multiple Intelligence Logical-Mathematical dengan rata-rata nilai (73,28) terhadap siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (63,40). Hal tersebut ditandai dengan hasil analisis uji t yakni thitung =3,69 >ttabel=2,02(1%) dan 2,69(5%), menunjukkan adanya pengaruh komunikasi matematika yang signifikan antara siswa yang menggunakan Model Investigasi Kelompok dengan Multiple Intelligence Logical-Mathematical dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2016 03:18
Last Modified: 07 Jun 2016 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5175

Actions (login required)

View Item View Item