Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggunaan Video Kartun sebagai Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di SMA N 1 Kampar Timur

Firman Rizaldi,, - (2021) Pengaruh Penggunaan Video Kartun sebagai Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di SMA N 1 Kampar Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Firman Rizaldi, (2021): Pengaruh Penggunaan Video Kartun sebagai Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di SMA N 1 Kampar Timur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berbicara antara siswa kelas X SMA N 1 Kampar Timur yang diajar dengan menggunakan video kartun sebagai media pembelajaran dan yang tidak, pada tahun ajaran 2020. / 2021. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu. Penelitian ini melibatkan 65 siswa yang terdiri dari dua kelompok yaitu Kelas X MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan Kelas X MIPA 6 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajar menggunakan video kartun, sedangkan kelompok kontrol diajar menggunakan teknik berbasis buku teks. Data diperoleh dengan menggunakan pre-test dan post-test. Pre-test diberikan pada kedua kelompok sebelum perlakuan dan post-test diberikan setelah perlakuan. Data pre-test dan post-test kedua kelompok dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Data dihitung dengan menggunakan program komputer, SPSS 25 for Windows. Setelah data diuji dan dinyatakan homogen dan normal, hipotesis diuji dengan menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berbicara antara siswa yang diajar menggunakan video kartun dan siswa yang diajar dengan menggunakan teknik berbasis buku teks. Nilai signifikansi yang dihitung 0,019 lebih besar dari 0,05 (nilai sig = 0,109> 0,05). Oleh karena itu hipotesis penelitian ini ditolak. Artinya tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan berbicara siswa yang diajar dengan video kartun sebagai media pembelajaran di kelas XI SMA Negeri 1 Kampar Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jul 2021 03:33
Last Modified: 16 Jul 2021 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51610

Actions (login required)

View Item View Item