RIZKI ANISA PUTRI, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Rizki Anisa Putri (2021): Pengaruh Penggunaan Media E-Learning Google Classroom terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI pada Materi Pendapatan Nasional di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karimun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media e-Learning Google Classroom terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI pada materi Pendapatan Nasional di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karimun. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karimun yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 134 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling, dengan jumlah sampel 100 siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karimun dan objek penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media e-Learning Google Classroom terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI pada materi Pendapatan Nasional di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karimun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase dan menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media e-Learning Google Classroom di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karimun tergolong sangat baik yaitu dengan persentase 85,04%, sedangkan kemampuan kognitif siswa mencapai rata-rata sebesar 74,92. Berdasarkan analisis data bahwa penggunaan media e-Learning Google Classroom memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Pendapatan Nasional di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karimun yang terbukti dari nilai thitung>ttabel (9,487 > 1,664) dengan nilai signifikansi kecil dari 0,05 (0,000). Kata Kunci: Pengaruh, e-Learning, Google Classroom, Kemampuan Kognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 02:26 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 02:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51529 |
Actions (login required)
View Item |