HUBUNGAN ANTARA SIKAP DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Ayuniharmita, (2014) HUBUNGAN ANTARA SIKAP DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor intern yang berasal dari dalam diri maupun faktor ekstern yang berasal dari luar diri siswa. Salah satu faktor intern tersebut adalah sikap siswa itu sendiri dalam proses pembelajaran di kelas. Siswa yang memiliki sikap belajar positif dalam proses pembelajaran akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari siswa yang memiliki sikap belajar negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu sikap siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Subjek penelitian ini adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah hubungan antara sikap dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 296 orang. Sampel ditarik sebesar 20% dengan jumlah 60 orang. Penarikan sampel dilakukan melalui teknik proportional random sampling . Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa nilai rxy (hitung) sebesar 0.384 sedangkan nilai rt(tabel) untuk df 58 pada ἁ = 0,05 adalah 0,250 dan pada ἁ = 0,01 adalah 0,325. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0.250 < 0.384 > 0,325. Oleh karena itu hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan signifikan antara sikap dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Ini juga mengandung pengertian bahwa semakin baik sikap dalam proses pembelajaran maka semakin tinggi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, semakin tidak baik sikap dalam proses pembelajaran maka semakin rendah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:04
Last Modified: 06 Jun 2016 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item