PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMK PERBANKAN RIAU

Riya Susilawati, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMK PERBANKAN RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan pendekatan open ended dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan pendekatan open ended dan pembelajaran konvensional di SMK Perbankan Riau tahun ajaran 2013/2014?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Postest Conttrol Group Design. Dalam penelitian ini peneliti langsung berperan sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Perbankan Riau, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini pertemuan dilaksanakan sebanyak delapan kali, yaitu satu kali pertemuan dilaksanakan pretes, enam kali pertemuan dilaksanakan penerapan strategi pembelajaran inkuiri dengan pendekatan open ended dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji varian untuk menguji homogenitas kemudian digunakan rumus uji t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan pendekatan open ended dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMK Perbankan Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jun 2016 03:58
Last Modified: 06 Jun 2016 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5146

Actions (login required)

View Item View Item