Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SD ISLAM TERPADU RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU

Eni Siskowati, - (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA KELAS IV SD ISLAM TERPADU RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ENI SISKOWATI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eni Siskowati, (2021): Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping pada Materi Keberagaman Budaya di Indonesia Kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku saku berbasis mind mapping pada materi keberagaman budaya di kelas IV, mengetahui kevalidan serta respon pendidik maupun peserta didik pada buku saku berbasis mind mapping materi keberagaman budaya di kelas IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan yang meliputi 10 tahapan meliputi, (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian luas, (9) revisi produk, (10) produksi masal. Kelayakan buku saku berbasis mind mapping sebagai bahan ajar berdasarkan pada instrument penilaian yang berupa angket. Penilaian ahli desain dan ahli materi; dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik dengan adanya buku saku berbasis mind mapping sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Pada uji coba produk, Buku Saku Berbasis Mind Mapping dinilai respon kelayakannya oleh 5 orang pendidik dan 15 peserta didik kelas IV SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penilaian ahli desain 84,6% dalam kategori Sangat Baik, ahli materi diperoleh skor 92,5% dalam kategori Sangat Baik, respon pendidik dalam uji coba produk diperoleh skor 94% dalam kategori sangat baik dan peserta didik 98,6% dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil validasi buku saku berbasis mind mapping dapat disimpulkan bahwa buku saku berbasis mind mapping layak dikembangkan dan dapat menjadi alternatif pelengkap bahan ajar Kata Kunci: Bahan Ajar, Buku Saku, Mind Mapping, Penelitian Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:51
Last Modified: 15 Jul 2021 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51414

Actions (login required)

View Item View Item