Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Debat Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengemukakan Pendapat pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidpan Muatan Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji.

Hekmahdus Sholehah, - (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Debat Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengemukakan Pendapat pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidpan Muatan Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hekmahdus Sholehah, (2021): Penerapan Strategi Pembelajaran Debat Aktif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengemukakan Pendapat pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidpan Muatan Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Sungai Keranji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan muatan pelajaran IPS tentang peristiwa dalam kehidupan melalui penerapan strategi debat aktif kelas V SDN 014 Sungai keranji. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat, yang di antaranya dapat dilihat dari kurang mampunya siswa untuk menyampaikan pendapatnya dengan alasan logis, dan lain-lain. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitiannya satu orang guru dan siswa kelas V SDN 014 Sungai Keranji yang berjumlah 19 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi debat aktif dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Dari penjaringan data yang telah dilakukan diperoleh data bahwa sebelum tindakan nilai mengemukakan pendapat siswa 16 orang berada pada kategori kurang dengan persentase 84,21% dan 3 orang berada pada kategori cukup dengan persentase 15,79%. Kemudian setelah dilakukan perbaikan menggunakanstrategi debat aktif pada siklus I terdapat 10 orang yang berada pada kategori kurang dengan persentase 52,65%, dan 9 orang yang berada pada kategori cukup dengan persentase 47,36%. Selanjutnya pada siklus II, terdapat 3 orang yang berada pada kategori kurang dengan persentase 15,79%, pada kategori cukup terdapat 14 orang dengan persentase 73,68% dan terdapat 2 orang yang berada pada kategori baik dengan persentase10,52%. Artinya, hasil kemampuan mengemukakan pendapat siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sekolah dan dapat dikatakan bahwa strategi debat aktif dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema 7 muatan pelajaran IPS tentang peristiwa dalam kehidupan di kelas V SDN 014 Sungai Keranji. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam mengatasi persoalan yang sama dengan kajian penelitian ini direkomendasikan untuk menerapkan strategi debat aktif. Kata Kunci: Strategi Debat Aktif, Kemampuan Mengemukakan Pendapat SiswA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:39
Last Modified: 15 Jul 2021 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51361

Actions (login required)

View Item View Item