Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE STORYTELLING TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK AS-SHAFLY KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

RIKA SA’BANIAH, - (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE STORYTELLING TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK AS-SHAFLY KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

RIKA SA’BANIAH (2021) : PENGARUH PENERAPAN METODE STORYTELLING TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK AS-SHAFLY KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR giri Hilir Penelitian dilatar belakangi oleh anak yang merasa bosan, memiliki karakter yang kurang baik dalam perkataan, dan berperilaku kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode storytelling terhadap nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Subjeknya adalah anak di TK As-Shafly Simpang Gaung dengan objek adalah pengaruh penerapan melalui metode storytelling terhadap nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Populasinya adalah sebanyak 30 anak yang terbagi 15 anak kelas B1 dan 15 anak kelas B2. Teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi yang diuji dengan uji t dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter sebelum penelitian cenderung sama yaitu berada pada kriteria mulai berkembang dengan masing-masing persentase sebesar 43,17% pada kelompok eskperimen dan 44,00% pada kelompok kontrol. Setelah dilakukan eksperimen didapatkan bahwa nilai-nilai karakter kelompok eksperimen mencapai 80,17% lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol yang hanya mencapai 55%. Terdapat perbedaan yang signifikan nilai-nilai karakter pada anak usia dini antara kelompok eksperimen dengan kontrol yang tidak menggunakan penerapan metode storytelling yang terbukti dari nilai thitung>t tabel atau 1,701 < 7,514 > 2,467 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Persentase pengaruh yang diberikan penerapan metode storytelling terhadap nilai-nilai karakter pada anak usia dini berada pada kategori cukup efektif dengan besar pengaruh sebesar 64,90% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Metode Storytelling, Nilai-Nilai Karakter, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:36
Last Modified: 13 Jul 2021 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/51299

Actions (login required)

View Item View Item